Membuat tabung dan Gas CO2 Murah Meriah

Sunday, August 26, 2012


Untuk kalangan aquascaper penggunaan lampu dan suplly gas CO2 sangat penting, karena tanaman sangat membutuhkan untuk berfotosintesa sehingga bisa bertumbuh dengan subur. Kalau dialam nyata/liar tanaman bisa mendapatkan CO2 dari sampah2 daun yang membusuk dan terfermentasi secara alamiah. Tapi kalau diakuarium harus disuplai dari luar yaitu dengan  menyuntikan gas CO2 sehingga tanaman bisa berfotosintesa. Dan kalau melihat harganya, tabung CO2 merupakan peralatan aquascape yang cukup mahal, namun mengingat vitalnya alat tersebut jadi kalau ingin aquascapenya bisa tumbuh sempurna harus ada perlaatan tersebut. Untuk itulah diperlukan kreativitas supaya Aquascape tetap bisa tersuplai CO2 tapi tanpa mengeluarkan biaya yang mencekik. Sebenarnya banyak teori CO2 di mbah Google tapi disini saya akan berusaha berbagi pengalaman  pembuatan Tabung dan Gas CO2 secara minimalis tapi hasilnya maksimal.
barang2 bekas yang dibutuhkan adalah :
1. 1 botol bekas minuman mineral ukran 1 liter dan 1 botol bekas ukuran 250 ml
2. selang silikon kecil ukuran panjang + 2m
3. Gula Pasir 1/4 kg
4. Ragi Roti / Fermipan secukupnya
5. Obeng dan Gunting 

Cara pembuatannya :
  1. Buat satu lobang pada tutup botol yg 1 liter dengan menggunakan obeng yang dipanaskan. dan 2 (dua) lobang pada tutup botol yang kecil.
  2. Potong selang ukuran + 40cm untuk menghubungkan tutup botol besar ke tutup botol kecil..
  3. Penting! usahakan selang rapat masuk kedalam botol kalau perlu diberi lem plastik disekitar lobang penghubung ditutup botol  supaya tidak ada udara/gas yang bocor.
  4. selang masuk ke botol besar kira-kira  2-3 cm dari permukaan botol, sedangkan selang yang masuk botol kecil tenggelam sampai dasar botol.
  5. buat sambungan selang dari botol kecil ke dalam akuarium dengan posisi selang yang ditutup botol kira-kira 2-3 cm dari permukaan botol. 
  6. isi botol besar dengan air hangat sampai hampir leher botol kemudian masukkan gula pasir 1/4 kg trus dikocok sampai merata.
  7. masukkan dan campurkan ragi fermipan 1 sendok makan kedalam botol besar trus kocok sehingga bercampur dengan gula...cium baunya akan seperti bau tape peuyeum..hehehehe setelah itu tutup rapat2 dengan botol yang sudah tersambung ke botol kecil tadi.
  8. isi botol kecil dengan air hangat sampai leher botol.
  9. tunggu sekitar 15 menit air gula akan terfermentasi dengan ragi dan akan menghasilkan gas CO2 berupa gelembung di botol kecil... dan tunggu sebentar maka gelembung CO2 akan segera tersuplay ke akuarium anda.. jangan lupa ujung selang diakuarium diberi difuser/ air stone untuk memecah gelembung menjadi butir2 lembut biar mudah terserap tanaman..
Penampakan tutup botol besar hanya satu lobang yang dihubungkan ke tutup botol kecil, selang yang masuk ke botol besar kira-kira 3 cm dari bibir botol (tidak tenggelam) dan untuk menghindari kebocoran gas saya olesi lubang tutup yang dimasuki selang dengan lem kayu putih (Fox) tunggu sampai benar2 mengering.













Penampakan tutup botol kecil  ada 2 lobang, satu selang yang dari botol besar tenggelam dan satu selang yang menuju ke aquarium kira - kira 3 cm dari tutup botol yang berfungsi untuk mengalirkan gas CO2 ke akuarium.



Penampakan kedua botol yang tersambung :

Lihat... tanaman dan moss jadi subur.. padahal tadinya banyak yg kering.

Untuk lebih jelasnya perhatikan skema di bawah ini :



Proses Cara kerjanya :
Air hangat dibotol besar setelah dicampur dengan gula pasir dan ragi fermipan akan berfermentasi sehingga menghasilkan gas CO2 beserta alkohol yang kemudian dialirkan kebotol kecil. Disinilah gunanya selang dibotol kecil tenggelam supaya gas dan alkohol yang tersalurkan tidak semuanya terkirim keaquarium tapi hanya Gas CO2 nya saja sedangkan alkoholnya akan tertahan diair..supaya ikan tidak pada mabok ..hehehe
Okay..selamat mencoba! Semoga bermanfaat...!







0 comments:

Post a Comment