Membuat Aquascape Sederhana

Artikel terkait : Membuat Aquascape Sederhana


Sederhana, dalam artian kita sudah bisa membuat taman  minimalis yang indah dan subur walau tanpa tanaman yang mahal, karena untuk percobaan sebaiknya kita gunakan tanaman lokal yang murah aja dulu. Nanti kalo sudah terbentuk ekosistemnya baru kita tambah dengan tanaman yang bisa bkin dompet menipis..
Siapkan dulu apa saja yang diperlukan :
1. Kaca Akuarium ukuran 40x80x40
2. Pasir Malang
3. Filter
4. Lampu
5. Tabung CO2 (DIY)

Mari kita mulai dengan langkah2 seperti ini :

Langkah I
Siapkan aquarium bekas anda, cek dulu siapa tau ada kebocoran dengan diisi air, setelah yakin tidak ada kebocoran tempatkan aquarium di tempat yang stabil tidak goyang2, bisa dibuatkan meja besi atau meja yang cukup kokoh untuk menahan beban kuat. Pasang peralatan filter disamping/ sesuai selera.

Langkah II
Taburkan Pasir malang yang sudah dicuci bersih secara merata kira kira 5 cm untuk dasar yang rata. Kemudian pasang batu2an sesuai selera trus tambahkan pasir di sudut2 sehingga nantinya akan membentuk gunung2 dan bukit2..untuk lebih bagusnya campurkan pasir malang dengan pupuk dasar yang banyak dijual ditoko aquarium. Tapi untuk proyek aquascape dirumah, saya tidak memakai pupuk dasar..jadi cuma pasirmalang aja, karena pasirmalang adalah pasir dari muntahan gunung api yang diyakini kesuburannya.

Langkah III
masukkan air melalui selang dengan menabrakkan semprotan ke atas piring/mangkok  yang sebelumnya kita taruh diatas pasir supaya pasir tidak berhamburan ketika disemprot air, isi air setengah dari aquarium.


Langkah IV
Mulai masukan dan atur tanaman murah kita satu persatu dengan penempatan sesuai selera. Untuk Javamoss  dan Peacock moss akan keliatan bagus dan alami kalo diikatkan di batu2an atau ranting2 kayu.

GB. Tanaman Dasar


Langkah V
Pasang Tabung CO2 yang kita buat sendiri, pastikan gelembung mengalir dengan lancar.  Setelah mulai terlihat bentuk desainnya baru air tambah sampai penuh (kira2 5cm dari permukaan) dan mulai nyalakan filter  untuk menyaring kotoran pasir.

Gb. Tabung CO2 DIY


Tunggu kira2 seminggu sampai air jernih dan tanaman sudah mulai menumbuhkan tunas2 barunya baru kita masukkan ikan2 murah kita yang cantik... silahkan berkreasi dan nikmati indahnya pesona aquascape

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan aquascape adalah :

  1. Substrate yang subur, usahakan memakai pasir malang .
  2. Suhu diusahakan berkisar dibawah 29C, dan lampu jangan terlalu terang untuk menghindari pertumbuhan lumut yang over populated.
  3. Pilih tanaman yag tepat, untuk pemula cobalah menanam jenis2 moss yang bisa tahan di kondisi low light dan kurang CO2
untuk lebih jelasnya silahkan simak video dari You tube dibawah ini..siapa tau terinspirasi..


Selamat Mencoba!!


Artikel Majalah Ikan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Majalah Ikan | Design by Bamz