Menanam Ricchia Fluitans

Artikel terkait : Menanam Ricchia Fluitans



Pada  dasarnya hampir sama penanaman Ricchia Fluitans dengan Moss yang lain. Hanya yang membedakan adalah Ricchia sebenarnya adalah tanaman yang mengambang, jadi untuk membawa tanaman ini kedasar aquarium harus benar2 rapat mengikatnya karena mudah sekali rapuh dan melayang2 keatas. Merupakan kepuasan tersendiri apabila kita berhasil menanam dan melihat Ricchia kita   bertumbuh kembang dengan subur. Keistimewaan Ricchia ini adalah dia menyimpan oksigen dan pada waktu tertentu akan mengeluarkan secara bersamaan lewat ujung2nya sehingga membentuk gelembung2 kecil yang cantik disetiap ujung2nya. Tanaman Richia akan tumbuh subur apabila  kebutuhan akan CO2 dan sinar lampu mencukupi, apalagi kalau ditambah pupuk cair semakin cepat pertumbuhannya.  Untuk menanam tanaman Ricchia Fluitans sangat mudah, yang kita perlukan adalah : 
1. tanaman Ricchia Fluitans   
2. batu atau kayu ranting (bisa juga pecahan genting yang permukaannya rata..)
3. Benang transparant/ senar atau benang biasa yang warnanya menyesuaikan daun 
4. Gunting 
5. Hair Net atau jaring yang lembut

Pertama kita ratakan Ricchia  dipermukaan batu/kayu (dalam hal ini saya pakai pecahan genting, supaya permukaan rata) , diusahakan jangan sampai bertumpuk tumpuk karena nanti lapisan bawahnya akan mengering bila tidak terkena sinar lampu.

Setelah rata menutup permukaan media, kita tutup dengan Hairnet / jaring kemudian ikat dengan benang secara zigzag supaya ricchia bisa terikat semua, jadi tidak ada mengambang karena jadi terlihat kurang bagus. Penggunaan harnet supaya bisa menutup rata tapi sebenarnya langsung dililit dengan benang juga bisa asalkan spasi lilitan serapat mungkin karena riccia adalah tanaman mengambang jadi  kalau ada celah untuk lepas pasti akan terlepas dan mengambang.

Letakkan dipermukaan pasir atau ranting kayu  yang terkena sinar cukup karena Ricchia  ini akan tumbuh subur bila mendapatkan cahaya yang cukup kuat, dan usahakan suhu akuarium dibawah 29 derajat.. Riccia ini pertumbuhannya termasuk cepat, jadi harus sering ditreaming atau rajin dipotong kalau sudah terlihat tidak rata permukaannya..supaya bagian bawah tetap terkena sinar lampu dan  menghindari supaya tidak  terlepas satu persatu mengambang.


Setelah 2 bulan dirawat penampakan riccia akan seperti dibawah ini... indah bukan?
 Selamat Mencoba!!













Gb.1 Penampakaan Riccia yang dirawat selama 2 bulan.

Artikel Majalah Ikan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Majalah Ikan | Design by Bamz