Menjodohkan Ikan Diskus

Artikel terkait : Menjodohkan Ikan Diskus

Terus terang sebenarnya sdh lama nih pengin berbagi pengalaman menarik ini, tapi apa boleh buat baru sekarang ada waktu luang buat ngetiknyahehehehe… Khusus buat sobat-sobat penghobi ikan hias terutama penggemar si ratu ikan air tawar alias discus atau bahasa kerennya Symphosodondiscus, ane punya sedikit pengalaman nih buat dibagi2 terutama untuk penghobi pemula yang ingin mengembang biakkan ikan diskus. Penampakan Diskus di aquascape ane gan..: 


Dirumah ane punya koleksi discus red Marlboro, bluediamond, leopard snake skin, dan golden pigeon. Nggak banyak sih tapi lumayan bisa menghibur dan menghilangkan stress karena duduk berjam2 didepan computer.. Nah karena mungkin disimpan di satu akuarium itulah maka terjadilah cinta lokasi antara betina bluediamond dan si jantan Marlboro. Ciri-cinya terlihat ketika discus yang lain sibuk cari makanan di sela2 Peacock Moss dan batu2 yang ditumbuhi Riccia Fluitans, kedua sejoli ini asyik mematuk matuk pipa pralon yang sengaja ane pasang berdiri, yang ternyata nantinya berfungsi juga untuk menempelkan telur hasilPDKT si Marlboro ke Blue Diamond. Nah..untuk memuluskan percintaan mereka maka kedua sejoli itu ane pindahkan ke tank aquarium khusus pembiakan yang lebih romantis…hehehe Kemudian ane pantau percintaan mereka seperti dibawah ini : 














Hari Pertama
si Blue bertelur Si Blue betina berenang menengadah keatas sambil menempelkan telur2 nya di pipa pralon arah sejajar keatas, disusul si Marlboro Pejantan yang langsung membuahinya dengan gaya yang sama menengadah sambil berenang keatas. Proses ini memakan waktu kira2 satu jam… 


Hari kedua (24 jam setelah dibuahi) 
Dua sejoli ini menungguin telor yang sudah dibuahi sambil terus meniup dan mengipas2i telur dengan siripnya. Sampai tahap ini telur yang tidak dibuahi akan tampak berwarna putih susu dan mulai dibayangi jamur. Sementara telur yang dibuahi akan tampak bintik titik hitam 2 yang nantinya rupanya itu adalah mata si jabang bayinya…hehehe… Supaya telur yg tidak dibuahi yg sdh mulai membusuk dan berjamur tidak menularkan jamur ke telur yang sehat sebaiknya dimasukkan larutan Methelyne Blue yaitu larutan untuk melindungi telur supaya tidak tertular jamur. 
Ada teori dari buku2 maupun dari mbah google bahwa kalo dalam proses telur sampai menetas sebaiknya pipa pralon ditutup dengan ram kawat untuk menghindari telur dimakan induknya, tapi untuk kasus dirumah sama sekali tidak dipakai teori itu, biar menetas sealamiah mungkin karena ane masih meyakini kalo telor2 itu adalah buah cinta mereka, jadi ga mungkin dimakan… dan ternyata memang nggak dimakan,..hehehehehe…  

Hari ketiga (36 jam kemudian) 
Telur yang sdh dibuahi mulai menetas dengan ditandai munculnya ekor2 kecil spt jarum yang bergerak gerak lincah menempel ditelur. Si induk makin semangat menyambut kelahiran jabang bayi dengan terus mengipasi dan meniup udara ke telur supaya bisa terlepas anakan (burayak) dari telurnya. Sampai disini pakan untuk indukan tetap terus diberikan supaya tetap kenyang sambil menjaga anak2nya… tapi jangan lupa kotorannya harus disifon/disedot biar tetap bersih ruang bersalinnya…wkwkwkwk Hari kelima Burayak/anakan Diskus mulai lepas dari telur tapi masih menempel di pipa pralon, sang induk dengan kasih sayang memindahkan anak2nya ketempat yang lebih aman. Biasanya ke pojokan aquarium supaya bisa lebih tenang mengawasi anak2nya yg sudah mulai loncat loncatan. 

Hari keenam 
Anakan mulai bisa berenang dan mulai berenang berlarian dari pralon ke tubuh kedua induknya..oiya..induk jangan dipisahkan biar dua2nya merasakan mengasuh anak.. biar dua2nya ikut bertanggung jawab.. 

Hari ketujuh 
Anakan sudah mulai menempel ditubuh kedua induknya bergantian untuk memakan lendir2 ditubuh induknya dalam per’diskus’an istilah ini disebut menyusui.. karena burayak/anakan belum biasa memakan selain lendir induknya. Proses ini bisa memakan waktu 10 sampai 20 hari. berhubung kedua induknya sudah mulai berebut mengasuh anak efeknya mereka bertengkar dan sebelum jatuh talak ke blue diamond maka si blue ane pindahkan ke tempat asal biar bisa refresh dulu.. dan pengasuhan burayak sekarang dipegang oleh pejantan Marlboro Hari kelimabelas Anakan sdh bisa makan sendiri dan sudah mulai berenang dengan normal, dan bentuk tubuhnya jg sdh mulai membulat. Untuk Tahap ini anakan/burayak sudah bisa diberi pakan artemia atau bisa juga kutu air. Karena sudah bisa berenang dan makan sendiri jadi sudah waktunya anak-anak discus ini dipisah dari induknya, supaya sang induk bisa bercinta lagi…. 

Begitulah pengalaman ane menjadi mak comblang percintaan si cantik Blue Diamond dengan Si Ganteng Red Marlboro.. sebenarnya mudah mengembangbiakan discus, kuncinya adalah air selalu kondisi bersih setiap hari disedot / disifon kotorannya kemudian ditambah air baru sebanyak kita menyedot air berserta kotoran tsb. Air harus dalam keadaan hangat kira2 32C, untuk mencapai suhu segitu harus dipasang penghangat heater. Dan tentu saja pencahayaan yang cukup serta pakan yang bermutu tinggi. Okayyy??....Selamat mencoba , semoga bermanfaat!

Artikel Majalah Ikan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Majalah Ikan | Design by Bamz