Penyakit pada ikan mas koki

Artikel terkait : Penyakit pada ikan mas koki



Penyakit pada ikan mas koki (akuariumhias) -Penyakit dapat timbul akibat salah pemeliharaan pada ikan mas koki. Ikan mas koki yang mati sesungguhnya bukan hanya dikarenakan lemah namun semakin banyak akibat kekeliruan didalam perawatan terlebih problem air. 

Air yang tercemar amoniak, kurang oksigen, serta lama tidak diganti dapat mengganggu kesehatan ikan. pengaturan air yang pas salah satunya dengan pemakaian filter dapat bikin situasi akuarium bersih serta nyaman untuk ikan. Pengamatan pada penyakit mesti dikerjakan tiap-tiap hari dengan menyelidiki adakah koki yang alami pergantian sikap. 

Apabila ada, amati tanda-tanda yang terlihat di permukaan tubuh ikan. pada banyak, parasit bisa tampak jelas, contohnya penyakit yang melekat di bagian tubuh ikan layaknya berlendir atau apalagi sisiknya berdiri serta badannya jadi kasar. Insang pada ikan koki yang sakit dapat mengkibatkan pergantian warna, membiru, hitam, atau apalagi jadi pucat. terkadang terlihat parasit ditubuhnya. 


Type model penyakit yang biasa menyerang pada ikan hias mas koki : 

1.Lernaea ( cacing perioder ) 
Penyebab : parasit yang melekat serta menusuk layaknya jarum. menembus tutup insang, badan, sirip serta mata.  
Tanda-tanda : tampak ada luka di lebih kurang area yang terserang. 
Penanggulangan : penyembuhan dikerjakan gunakan dipterex atau sumition 50ec dengan dosis 1cc/m3air. atau dengan merendam mas koki yang sakit sepanjang 10 menit didalam larutan formalin dengan dosis 250 mg formalin : 100 liter air. perendaman di lagi tiga kali sepanjang tiga hari. untuk memberantas mata rantai penyakit, rendam juga akuarium didalam larutan tetracyclin dengan dosis 250 mgtetracyclin : 250 liter air sekurangnya 5 jam. ulangilah tiga kali didalam tiga hari. 


2. Jamur ( saprolegniasis ) 
Penyebab : jamur yang nampak saat suhu dingin. 
tanda-tanda : tubuh ikan terlihat layaknya diselimuti kapas. sisi yang terserang umumnya kepala, tutup insang serta sirip. 
Penanggulangan : ikan mas koki yang diserang penyakit direndam didalam larutan malachite green dengan dosis 3 gr/m3 air sepanjang 20 menit. 

3. Bakteri aeromonas ( punctata ) 
Penyebab : bakteri ganas aeromonas. 
Tanda-tanda : badan ikan jadi suram serta tidak cerah, kulitnya seperti melepuh. berenang amat lemah di permukaan air dengan megap-megap kekurangan oksigen. 
Penanggulangan : dengan pencampuran 50 mg terramicine 50 mg/kg pakan serta diberikan dengan berturut-turut sepanjang 7 hari. tetapi, ikan yang terinfeksi berat baiknya dimusnahkan. 

4. Bakteri pseudomonas 
Penyebab : bakteri psedomonas flurescens. 
Tanda-tanda : kulit ikan alami pendarahan. luka umumnya lantas meborok sirip jadi grepes serta habis. 
Penanggulangan : dengan mencampurkan oxytetracyclin 25 mg/kg pakan. diberikan sepanjang 7 hari berturut-turut. 

5. Bintik putih ( white spot ) 
Penyebab : protozoa ichthyophtirius multifilis yang ganas. 
Tanda-tanda : seluruh atau beberapa tubuh ikan mas koki terlihat dihiasi bintik kecil berwarna putih. pada infeksi berat, dapat terlihat tanda-tanda selaput putih. ikan jadi gatal serta kerap menggosok-gosokan badannya dan berenang kepermukaan dengan amat lemah. 
Penanggulangan : dibuatkan larutan methylene blue 1 persen ( 1 gram didalam 100 cc air ) lantas campuran ini di ambil 2-4 cc digabung dengan 4 liter air serta ikan mas koki yang diserang penyakit lantas direndam didalamnya sepanjang 24 jam. kerjakan penyembuhan ulangan hingga ikan pulih. 




Artikel Majalah Ikan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Majalah Ikan | Design by Bamz