Tips Merawat Akuarium Air Laut

Artikel terkait : Tips Merawat Akuarium Air Laut

Tips Merawat Akuarium Air Laut (akuariumhias) -Mempunyai sesuatu akuarium air laut yang berisikan terumbu karang indah serta beragam ikan cantik adalah yang dimimpikan tiap-tiap pehobies. tetapi memelihara ikan laut ditambah lagi dengan terumbu karangnya bukan hanya perihal gampang, ikan laut serta terumbu karang amat peka pada lingkungannya layaknya mutu air ataupun sesama penghuni akuarium. tetapi dengan pengetahuan cara menjaga akuarium air laut yang cukup keindahan laut serta penghuninya dapat kita pindahkan kerumah kita.

Sebenarnya ada sebagian strategi sederhana saat merawat akuarium air laut supaya ikan serta terumbu karang bisa hidup dengan sehat serta indah di pandang mata. Tersebut cara menjaga ikan serta terumbu karang didalam akuarium air laut.

1. Air didalam akuarium harus kerap di ubah(diganti).
Air di ubah sejumlah 20% tiap-tiap 2 minggu sekali, 50% tiap-tiap 1 bulan sekali. pakai air laut untuk ganti air akuarium air laut, namun untuk menambah air akuarium air laut yang menguap dipakai air tawar yang sudah di aklamasi dikarenakan yang menguap cuma air saja namun garamnya tertinggal di akuarium.

2. Senantiasa teliti ph serta kandungan garam
Ikan hias air laut serta terumbu karang memerlukan ph serta kandungan garam yang cocok. ph bisa di dicek menggunakan kertas lakmus atau ph mtr., apabila terlampau rendah bisa di imbuhkan obat kalkwasser. kandungan garam dapat di check dengan hydrometer, kandungan garam yang normal ada di penunjuk hydrometer.

3. Gunakan protein skimmer.Protein skimmer adalah alat yang sangat mutlak saat menjaga mutu air laut. harga nya lebih kurang rp 250. 000-an.

4. Pakai karang hidup
Gunakan karang hidup sebanyak-banyaknya manfaat melindungi mutu air dengan alami. karang hidup adalah karang yang masih banyak bagiannya berwarna ungu. gunakan sekurang-kurangnya 1/3 dari volume akuariumnya, harga nya lebih kurang rp 20. 000-an per batu.

5. Gunakan tumbuhan air
Tumbuhan air dapat dipakai untuk melindungi mutu air serta mempercantik tampilan. tumbuhan air yang dapat dipakai layaknya rumput asam ( caulerpa sertularioides ), rumput jarum ( chaetomorpha ) atau anggur hijau. tumbuhan air ini dapat kurangi kandungan nitrat dengan penting dan bikin air lebih mengasyikkan bikin ikan.

6. Teliti suhu air
Suhu air didalam akuarium harus senantiasa dicek, pakai termometer digital yang dipasang segera di akuarium serta setel alarm apabila suhu terlampau tinggi atau terlampau rendah. suhu air akuarium air laut paling baik yaitu 28 derajat celcius untuk ikan di bawah, serta 25 celcius untuk terumbu karang.

7. Janganlah segera memasukan ikan
Janganlah dulu segera memasukkan ikan hias ke didalam akuarium yang baru di-setup. agar situasi akuarium menyerupai aslinya maka harus dibikin ”siklus nitrogen”, air akuarium yang bersirkulasi dapat menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung kehidupan laut ( aerob serta anaerob ). bakteri ini baru nampak lebih kurang 4 minggu. untuk akuarium baru dapat di check memasukan ikan betok hijau terlebih dulu.

8. Aklamasi terlebih dulu ikan yang baru dibeli
Ikan hias yang baru dibeli didalam kantung plastik harus sesuai dulu suhunya dengan suhu akuarium. ambangkan ikan tetap didalam plastiknya di akuarium sepanjang 20 menit, setelah itu buka plastiknya, masukkan sedikit air akurium ke plastik ikan baru, diamkan lagi sepanjang 10 menit. setelah itu, ikan dapat dimasukkan ke akuarium. matikan dulu lampunya agar ikan tidak stress.

9. Batasi ikan
Ikan yang terlampau banyak dapat bikin ikan mudah stress serta mati, pemberian makan harus banyak serta air cepat kotor. ikan yang banyak dapat merepotkan didalam perawatan, terlebih apabila macamnya tidak sama lain. tentukan saja sebagian ikan yang sangat disukai.

10. Isi dengan ikan kecil
Apabila kita isi akuarium air laut dengan ikan hias kecil, akuarium dapat tampak lebih luas. bila berisi ikan hias besar, akuarium dapat tampak lebih sempit.

11. Pemberian makan 1 kali sehari
Pada ikan laut, tambah baik kurang dari pada lebih. 1 barangkali telah cukup, makanan yang terlalu berlebih bisa turunkan mutu air laut didalam akuarium air laut.

12. Pelihara ikan jabing
Manfaat menyingkirkan lumut yang tumbuh di pasir akuarium, dapat kita pelihara 1 ekor ikan jabing kecil. ikan jambing ( lawnmower blenny ) dapat bersihkan basic pasir dari lumut kecoklatan karena ikan jabing suka mengonsumsi lumuttersebut. ikan jabing sekarang ini popular di kelompok umur hobies karena memiliki tingkah yang unik serta menarik. tentukan saja yang kecil, karena bila besar bisa bikin pasir berantakan.

13. Pelihara udang pelet 5 ekor ( lysmata amboinensis )
Udang pelet ini amat berguna karena suka mengonsumsi bakteri whitespot ( bintik putih ) yang kerap nampak pada ikan.
 
Cara menjaga ikan laut lebih sukar di banding memelihara ikan air tawar, terlebih bila didalamnya kita isi dengan terumbu karang hidup. tetapi apabila kita dapat mengerjakannya, keindahan yang di bisa amat pantas dengan apa yang kita kerjakan. cintailah hewan peliharaan kita sebagaimana kita menyukai keluarga kita sendiri.

Artikel Majalah Ikan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Majalah Ikan | Design by Bamz