Tips Merawat Akuarium Air Laut

Artikel terkait : Tips Merawat Akuarium Air Laut


Pada awal – awal saya menjaga akuarium saya (pastinya tidak dengan pengetahuan yang baik), pulang ke tempat tinggal yaitu perihal yang pingin sesegera barangkali saya kerjakan. Penasaran apakah ikan saya tetap sehat, Apakah karang yang saya beli bisa mekar dengan baik. Tetapi saya demikian sedih saat merasakan ikan saya mati satu persatu, begitupun dengan karang yang ada. Tentu perihal ini juga yang dulu dihadapi oleh beberapa pemula hingga mereka menyerah. apakah saya menyerah ? tidak, saya ulangilah lagi siklus tersebut, beli, taruh, mati lagi demikian berulang – ulangnya. 

Usut dan usut, nyatanya saya tidak lakukan perawatan akuarium dengan baik. maka saya banyak ajukan pertanyaan pada yang memiliki pengalaman perihal langkah menjaga ikan. baik ke penjual ( penjual yang baik serta benar – benar hiraukan dengan ikan pastinya, bukan hanya penjual yang asal jual saja ) dsb. Saya simpulkan seperti berikut untuk pemula : 
  1. Benar – benar jaga mutu air yang ada, bila kita berikan makan jangan sampai kita berikan makan hingga over feed ( makanan tersebut hingga jatuh di basic aquarium kita ). makan kita bisa beli pellet di toko aquarium, rebon buku, atau makanan yang kita racik sendiri. jika saya, saya beri makan 2 kali 1 hari. janganlah terlalu berlebih saat memberi makan. 
  2. Bila air menguap tambahkanlah air aqua atau air isi lagi. janganlah ditambahkan air laut lagi, dikarenakan bila air laut yang menguap di aquarium kita, kandungan garamnya tetap tertinggal di aquarium kita. hingga bila kita imbuhkan air laut, keasinannya atau salinitynya dapat meningkat tajam. 
Spesial untuk aquariumnya yang ada karangnya : 

  1. Terumbu memerlukan cahaya yang cukup, tambah baik anda atur supaya aquariu anda terkena cahaya matahari bila pagi, jikalau tidak dapat juga tidak apa –apa, asal cahaya lampou cukup. 
  2. Parameter air mesti benar – benar dijaga ( spesial untuk terumbu ), karenanya kita mesti memiliki apa yang dimaksud dengan test kit. untuk mengecek keasaman air ( ph ), alkanity, po4 dsb. Harga memanglah agak mahal lebih kurang Rp 300. 000 – an. Tetapi sesudah kita lakukan test yang teratur sepanjang sebagian bln., kita telah tak perlu lagi. kenapa ? dikarenakan kita telah tahu situasi aquarium kita selanjutanya. ya, sesekali kita test juga tidak apa – apa. alat pengukur salinity layaknya hydrometer ( umumnya dikombinasi dengan suhu ), yang ini agak murah lebih kurang rp 200. 000. tetapi keakuratnnya tidak 100 persen. pingin yang lebih akurat, yang lebih mahal banyak…he.. he.. 
  3. Pingin yang tidak rumit pakai test – test-an semua, maka kerap – seringlah anda ubah air laut. tetapi gantinya cuma 20% saja dari keseluruhan aquarium anda. dapat 2 minggu sekali, 1 bln. sekali bergantung ukuran aquarium. ingat ini yaitu hobby, tak perlu dibikin pusing. lain lagi bila anda melindungi parameter air, mungkin cuma ubah air laut 3 bln. sekali, atau 1 tahun sekali. 
  4. Menambahkan zat additive yang dibutuhkan. terumbu layaknya halnya ikan juga memerlukan makanan. beli saja makan terumbu yang ada yang dijual di luar di banyak penjual.

Artikel Majalah Ikan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Majalah Ikan | Design by Bamz