Membasmi Hama Keong dengan Ikan Puffer

Artikel terkait : Membasmi Hama Keong dengan Ikan Puffer

Dimana ada tanaman pasti ada hama, kalau ditaman2 kita dihalaman hama yang paling menjengkelkan adalah  Ulat Daun, ya.. karena tanaman2 hias yang cantik2 jadi gundul alias habis daunnya gara2 ulah si hama itu. Demikian juga halnya dengan Aquascape.. karena didalam aquascape juga terdapat  banyak tanaman2 air yang hidup pasti juga tidak terlepas dari hama2 yang mengganggu.  Salah satunya yang paling menjengkelkan adalah keong air / siput air. Hama ini hampir sama sifatnya dengan siput yang didarat yaitu perlahan2 menggerogoti daun mulai dari ujung sampai pangkal sehingga daun hanya tersisa tulang2nya saja. Dan yang lebih parahnya lagi hama ini berkembang biaknya cepat sekali.. mungkin karena termasuk jenis hermaprodhyt jadi tidak membutuhkan  pasangan untuk berkembang biak. Kalau masih bisa dihitung dengan jari sih kita bisa memungutinya satu persatu, tapi kalau sudah sampai mewabah..?? pegel nih jari2 ngambilin satu satu belum yang ngumpet2 didaun yang rimbun. alih2 bisa bersih dari hama yang ada..bisa bisa  akuarium kita jadi keruh..hehehe..
Untuk mengatasi hama keong air yang sudah over populated kita bisa menggunakan IKAN PUFFER, yang bisa juga disebut ikan buntal. Ya, ikan puffer  efektif  membasmi keong karena  memang itu santapannya, dan ikan ini tidak akan berhenti mencari sampai ke dalam2 tanaman yang rimbun...seperti anjing pelacak aja..hehehe...
Tapi ada kelemahannya yaitu ikan ini memangsa semua jenis hewan crustacea. jadi hati2 juga kalo pelihara udang hias.. bisa2 ikut habis disantap. tapi ngga usah kuatir, karena ikan ini lambat geraknya, jadi kalau dirasa hama keong sudah habis tinggal ambil dan angkat aja dengan tangan...selesai masalah.

Berikut ini penampakan ikan puffer/buntal





Artikel Majalah Ikan Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2015 Majalah Ikan | Design by Bamz